Laman

08 Maret 2017

24 Jam Rasa Sekejap



Iya bangeeeet. Meski bangun pagi (semoga istiqomah, aamiin) diusahakan jam tiga atau setengah 4, tapi waktu terasa sebentar banget. Selesai QL, ngulang hafalan sebentar. Langsung bebenah sambil nunggu adzan subuh. Setelah sholat, lanjut masak untuk sarapan. Alhamdulillah, Abahnya Mursyid super banget dan bisa diajak kerja sama. Beliau belanja sayur dan yang mandiin Mursyid sebelum siap-siap kerja. Sambil masak, nyuapin Mursyid. Meski ada khadimat (yang bantu nyuci Alhamdulillah) tapi tetep aja. Masak-masak-masak, jarum jam udah menunjukkan pukul setengah sembilan atau jam sembilan.
Dari sini


Kegiatan habis itu, ngajak main Mursyid, kadang nulis, kadang baca. Seringnya sih, ngajak min Mursyid. Karena itu anak suka gak rela umminya di depan buku atau leptop lama-lama haha. Jam sebelasan nyuapin Mursyid, sholat dzuhur dan saatnya me time mata alias bobok. Seringnya sih, cuma satu jam aja. Sisanya pas Mursyid masih tidur, baru deh saya baca-nulis atau menghafal Quran. Menjelang adzan ashar, mandiin Mursyid, sholat ashar dan saya yang mandi. Alhamdulillah lagi, terbantu dengan khadimat yang kalau sore datang untuk nyuapin Musryid masak. Nah! Abahnya pulang, baru punya waktu berdua meski bentar. Misal jalan-jalan ke Siantan atau beli ikan atau beli untuk bukaan puasa kalau hari senin-kami. Jam lima sore lewat, baru saya dapat me time agak lama, hehe. Seringnya sih, saya yang gak tega kalau ninggalin Murysid main berdua sama Abahnya yang masih capek. Jadi ya, kami bertiga main deh. Kecuali hari jum’at ba’da ashar, saya bebas me time buat liqo’ hehehehe. Lanjut sholat maghrib yang jedanya sampai isya’ dipakai buat ngajarin Musryid ngaji. Habis isya', Mursyid tidur. Daaaan harusnya sih, saya bisa nulis-baca atau hafalin Quran. Tapi berhubung fisik saya udah lelah huhu, jadilah saya ikut merem bareng Mursyid hehe. Namun kalau ada jadwal deadline tulisan atau menghafal, saya sih, bisa memaksakan melek sampai jam sepuluh.
Kalau jualan, biasanya orang datang pagi setelah saya selesai masak dan bebenah atau sore. Tapi itupun kalau stok daster masih banyak. Kalau lagi habis kayak sekarang, jarang orang yang datang ke rumah.
Saya emang gak membiasakan diri begadang. Selain gak bagus untuk kesehatan, saya yang gak sanggup. Pernah denger kajian Ustadz Budi Ashari, Lc juga, katanya Rasulullah saw juga gak membiasakan begadang. Paling kalau ada urusan yang urgen, misal syuro pas lagi mau perang. Intinya sih, sesekali. Gak tiap hari.
Untuk hari sabtu-ahad, jadwalnya agak beda pastinya. Gak sama kayak di atas. Karena kadang, kami pergi sekadar jalan atau silaturahim. Dan yang jelas, seringnya saya me time ngebaking tanpa diganggu Mursyid hoho.
Makanya saya bilang, 24 jam terasa sebentaaaar banget. Saya pun udah mengurangi waktu untuk berlama-lama di depan media sosial. Bahkan kadang saya sering lupa HP ada di mana haha. Paling kalau lagi kepo, lihat facebook atau Instagram, periksa isu yang lagi hot apa wkwk (secara meski emak-emak, ekeh gak boleh kudet haha). Kalau ngeblog sih, insya Allah mau dirutinkan lagi paling gak, dalam seminggu ada lima postingan (aamiin yaa Allah!*pasang tampang berbinar-binar haha). Maka benarlah amat merugi orang-orang yang menyiakan waktunya #plaaaak. Self reminder banget buat saya. Salah satu quote favorit saya—yang saya tulis di laman blog ini juga—“Jangan biarkan satu detikmu terlewat untuk hal yang tidak membawa dirimu ke Jannah-Nya.”
Bosen dan lelah? Yes. Wajar kok. Tapiiii saya bahagia dan bersyukur banget alhamdulillah.
Semoga semoga semoga. Saya bisa jadi orang yang kelak, di hari perhitungan amal bukan termasuk dalam golongan yang merugi. Aamiin.
Gimana 24 jam kamu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komentar dengan bahasa santun :)