Laman

26 Januari 2017

Kamu Me Time Apa?



Beberapa waktu lalu di facebook, saya mendapati tulisan yang cukup viral di kalangan mamah-mamah muda. Tentang? Itu lho … tulisan yang intinya, seorang bapak memperbolehkan sang ibu berjalan-jalan sendiri tanpa dirusuhin urusan tetek bengek rumah tangga terutama anak, hehe. Kata lain yang lebih beken dan familiar adalah me time.
gambar dari sini

Eniwei, sebenernya saya penasaran juga lho. Apakah mama saya plus ibu-ibu zaman dahulu kala (baca: sebelum kenal medsos) tahu istilah me time ini? Mungkin jika pada saat saya masih kecil gadget udah macem kebutuhan primer, mama saya dan ibu-ibu lain juga akan menuliskan hal yang sama.
Me time butuh gak? Saya sih butuh pake b-a-n-g-e-t. Tapi saya gak memilih alternatif me time untuk jalan-jalan jauh. Bukan saya sekaleee. Ya kali, wong saya liqo’ tanpa bawa Mursyid aja sering gak konsen. Terus me time jalan-jalan salah gitu? Ya gak lah. Itu sih tergantung gimana si ibu dan kesepakatan dengan suami plus anak (kalau anaknya udah bisa diajak komunikasi pastinya). Tapi bukan berarti, me time dengan tema JJS atau jalan-jalan sendiri menjadi tolak ukur ‘obat’ kewarasan bagi mamah-mamah muda yang ketjeh badai, yang katanya kalau para mamah muda di rumah berdaster lalu keluar rumah, kelar idup loe dengan dandanannya yang ngalah-ngalahin Princess Syahrini itu.
Sekadar saran dari saya yang hanya butiran debu ini, pilihlah me time yang bermanfaat dan dapat memulihkan stamina jiwa-raga. Karena tujuan utama me time ‘kan katanya biar si mamah-mamah mudah bisa setrong dalam menghadapi segala ujian dalam kementrian rumah tangganya masing-masing. Nah, jadi kalau tidak bisa travelling ke tempat yang keren-keren itu karena gak ada budget misal, gak perlu merengek-rengek manja ke suami. Iya kalau cuma merengek. Kalau sampai memaksa yang tarafnya ‘mengancam’: “Pah, POKOKNYA KUDU HARUS TITIK.” Yasalam, buibu … ayolah, masih banyak cara me time yang bisa jadi ‘obat’ kok.
Kalau me time ala saya, buanyaaaaak, haha!
1. Tidur siang meski Cuma setengah jam biasanya sih lebih wkwk. Jadi, Mah, kalau anaknya lagi bobo cantik, bisa lah diatur getar HPnya setengah jam. Habis itu pas anak masih tidur, kita lanjut ngangkatin jemuran atau melipat cucian yang kudah kering, hehe.
2. Ngebaking, menulis, buka medsos sambil ngeliat olshop-olshop yang menggoda dompet (kalau saya olshop buku huks… godaan terberaaaat) juga bisa alternatif asal jangan kebablasan.
3. Membaca! Kenapa gak masuk poin nomer dua? Karena saya pinginnya, baca itu jadi aktivitas yang kebablasan, hehe. Tapi tetep gak boleh sampai menelantarkan ikan yang lagi digoreng atau anaknya yang nangis-nangis minta makan ya, Buibu.
4. Yang ini jangan ditiru. Karena minim manfaat meski ada sebenernya buat saya yang lagi konsen menulis cerpen halah ngeles: Nonton drama korea. Eh, drakor buat saya ada spesifikasinya lho. Saya lebih suka drakor yang gak full romance dan gak menye2 banget. DOTS, The Legend apa itu gak masuk daftar list saya haha. Saya lebih suka drama saeguk atau sejarah fiksi, atau genre misteri macem detektif gitu.
5. Percayalah, yang terakhir ini manjur banget buat jadi obat: tilawah, menghafal Quran, duduk di majelis ilmu plus tahajjud adalah me time terdahsyat dari sekian aktivitas me time. Buat saya…
Maka para mamah muda, kita masih bisa bahagia dengan me time yang sederhana. Tapi kalau ada finansial lebih untuk jalan-jalan ya monggo, sah-sah aja. Yang perlu dicatat: jangan jadikan me time ala orang lain sebagai tolak ukur ‘obat’ kewarasan kita.

Sekali lagi, bersyukur dan bersyukur adalah kunci kelapangan hati.
gambar dari sini

Selamat me-time dan berbahagialah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komentar dengan bahasa santun :)