03 Mei 2013

(curhat) Sekilas PKPA di Apotek

Bismillahirrohmanirrohiim..

Done!PKPA di Apotek Kimia Farma M*, berakhir. Sebulan kemarin merasakan 'kerja' sebagai AA dan Apoteker, walau jujur, kebanyakan ngerasainnya kerja jadi AA. Haha.. Gak tau sih, ini 'dosa' siapa. Sehingga, yang namanya Praktek Kerja Profesi Apoteker menjadi Praktek Kerja Profesi Asisten Apoteker. Hihi..Gak ada salahnya juga kok, toh, dasar-dasar ilmu meracik dan sebagainya seorang Apoteker juga HARUS paham. Malah kudunya lebih jago dari seorang Asisten Apoteker (AA). Tapi..Ah, ya sudahlah. Toh kemarin aku dapat banyak ilmu mengenai tugas dan tanggung jawab seorang Apoteker dalam sebuah Apotek itu seperti apa dan bagaimana. Ada berapa hayooo tugasnya??. Kalau yang baca tulisan ini orang farmasis atau seseorang yang udah jadi apoteker tapi gak bisa jawab, hmm, kebangetan..

 

Yap. Ada tiga. Sebagai PROFESIONAL, MANAJER dan RETAILER. Kali ini mau share sedikit mengenai tugas khusus yang udah dikasih dari KF Pusat kepada peserta PKPA. Kelompokku dapat tugas membuat Paper yang temanya yaitu tentang KAJIAN PELAYANAN KEFARMASIAN.

Waktu dapat tema itu, berasa kaget. 'What?!. dalam kurun waktu 2 minggu gitu??'. Oh guys, asal kalian tau, temenku dulu selama kurang lebih 6 bulan skripsinya itu tentang pelayanan kefarmasian di Apotek Rumah Sakit. ENAM BULAN. Lah aku dan temen-temen??. 

Sebenernya sih, temanya bagus banget. Manfaatnya banyak. Secara, kita jadi tau tentang aspek kepuasan pelanggan terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek itu seperti apa. Tapi yang sangat menyayangkan ya itu..Waktu kita PKPA itu cuma sebulan kepotong banyak hal, alhasil, penelitian kita ya cuma 2 minggu. Itu pun pake kurang..

Jadilah aku minta tolong temenku yang skripsinya tentang pelayanan untuk dikirim sofcopy-nya. Metodenya pake cross sectional dan analisisnya menggunakan univariat (kalau gak salah). Bengong sendiri.. 

Ya iya lah!. Mau sempurna mah kudu uji validitas dan reabilitas kuesionernya. Dihitung dulu pake SPSS. Terus datanya di analisis univariat, pake SPSS juga.Ngeeekk..Mau kapan ngerjainnya??.Akhirnya, bikin kuesionernya pun yang yaah,,begitulah. Pokoknya mengandung 5 dimensi kepuasan pelanggan, kalau kata Pak Kotler sih ada Reliability, Assurance, Tangible, Responsivness, Empathy. Dijabarin dah tuh satu2..Tapi akhirnya sepakat bikin 10 point aja di kuesioner.Setelah itu, hasilnya dijelasin pake diagram kartesius yang ada empat kuadran. Selesai dah. Pas lagi presentasi banyak banget tuh yang nannya tentang uji validitas dan reabilitas. Uhh,, aku jawab aja. "Jujur ya, Mba.Kita dapat waktu ngerjain tugas ini kan 2 minggu. Jadi, mana sempet kita uji validitas dan reabilitas yang harus pake berapa (n) sampel dan sebelumnya pun harus dihitung pake rumus menghitung sampelnya Pak Notonegoro kalau gak salah. Kami juga tau kok, gimana harusnya yang bener melakukan penelitiannya ini, tapi ya tadi..waktu kita gak ada. Jadi mohon maaf kalau sangat tidak sempurna dan banyak salah disana-sini,harap maklum".

Gak banget emang. Tapi ya sudahlah. Yang penting dikerjain dan kita dapat ilmu dan dapat nilai (aah, ujung2nya ya nilai).

suasana di KF tempat PKPA
Segala Puji bagi Engkau Yaa Rabb, atas nikmat ilmu yang Engkau berikan. 

 
Rizki Khotimah, S.Farm.,Apt (aamiin)
Tapi masih ada SATU tempat lagi : RS Islam Cempaka Putih. Yap. Mulai Senin besok. Bismillah..semoga dimudahkan juga. SEMANGAT!.

2 komentar:

  1. Maasyaa Allah :) keren, ukh! Akhirnya selesai :) sukses, barakallahu fiik~

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin mbaaa...
      jazakIllahu khoir :)

      Hapus

Silakan komentar dengan bahasa santun :)