22 Maret 2016

[Liburan Part 1] Pantai Kura-Kura dan Masjid Kesultanan Mempawah



Pekan kemarin, Embahnya Mursyid datang dari Jakarta. Nengok cucu kesayangannya. Anak sama mantunya mah bodo amat #eh, hehe. Diputuskanlah untuk jalan-jalan hari sabtunya. Secara, Abu Mursyid kan baru libur hari sabtu-ahad. Tadinya mau jalan-jalan ke Singkawang. Tapi, Om Qodar yang diminta tolong Abu Mursyid buat gantian nyetir belum hafal jalan ke sana. Abu Mursyid juga sama. Lah apalagi akoh yang baru 7 bulan di Pontianak! *gak ada yang nanya elu, ki*
Akhirnya kami memutuskan pergi ke pantai kura-kura yang masuk wilayah kabupaten Bengkayang. Perjalanan ditempuh sekitar 3 jam dari Pontianak pakai mobil pribadi. Plis jangan bandingkan sama pantai Drini atau Indrayanti yang ada di Gunung Kidul Jogja sana ya! Bagus sih. Tapi buat aku, masih bagus Drini atau Indrayanti. Lumayan putih kok pasirnya. Tapi air lautnya gak bening. Mungkin karena gak ada karang kali ya di tepian pantainya *sok tau lu, ki* hahaha.
Cuma kalau kata orang yang udah lama tinggal di Pontianak, pantai kura-kura itu belum sering terjamah sama wisatawan lokal atau asing. Iya sih. Terbukti pas kita ke sana, pantainya sepi, Bo! Padahal weekend , loh. Dari sekian warung di sekitar pantai, hanya sekitar dua atau tiga gitu yang eksis. Itu pun gak lengkap. Gak ada yang jual P*P M*E misal :D. Tapi aku ngerekomendasiin pantai ini buat dikunjugi kalau kalian lagi main-main ke Kalbar. Cukup mengeluarkan 10ribu buat 1 orang dewasa. Mursyid belum kena hitung. Entah kalau anak di atas umur 2 tahun, hehe. Yang tarikin biaya masuknya juga kayaknya loh ya, dari warga yang tinggal di daerah situ. Gak tahu juga resmi dari Dinas Pariwisata setempat atau bukan…
Well, gak nyesel sih jalan ke sana. Pantai lumayan oke. Pas buat me-refresh kepenatan karena hampir seminggu berkutat dengan rumah, hoho. Selain itu, aku dapet ide buat bikin cerpen bergenre romance yang judulnya “Rak-Rak Rasa Milik Elang”. Aku ngepost cerpennya di forum punya OWOP, hehe. Aku juga bebas jepret sana-sini walau hasilnya gak oke, wahaha. Tapi lumayanlah buat amatiran kayak akoh yang suka poto anak sendiri :p. Loh, Mursyid sama siapa? Ada sama Embahnya di Pondokan :)))

Karena ngeliat objek ini, aku langsung dapet ide bikin cerpen :D

 
Mursyid kakinya kenapaaaa XD

Dulu sebelum ada Mursyid, kalau ke pantai, nama aku sama suami. Sekarang nama anak deh :D

Ceritanya mau poto sendal yang keren. Tapi keknya gagal XD

Musryid sama Embah Kakung-Putrinya :')



Itu buah cemara laut :D

mood booster banget buat jaring ide puisi n cerpen :p
Keluarga SAMARA, aamiin... :')
Memasuki waktu dzuhur, kami memutuskan pulang. Dalam perjalan ke Pontianak, kami mampir ke Masjid Kesultanan Mempawah untuk sholat. Di tempat ini aku punya cerita yang menurutku lucu dan geli untuk dikenang :3.
Kami disambut oleh banyak anak kecil yang katanya suamiku sih, anak kecil itu minta sedekah. “Emang sih, rata-rata masjid-masjid kesultanan gitu, pasti ada anak kecil. Mereka itu nungguin uang sedekah dari yang sholat.”
Ada juga laki-laki yang menyambut kami. Kutaksir, usianya itu kurleb 28 tahunlah. Mursyid digendong Embah Puterinya yang nyuruh aku buat sholat duluan bareng Embah Kakung, Abu Mursyid dan Om Qodar. Selesai sholat, Musryid dipegang abahnya. Aku asyik ngeloyor ke bagian samping masjid. Ceritanya ngelihat pemandangan sungai yang indah banget. Sayang aku gak lihat pas malam hari. Pasti lebih keren. 
penampakan sayap kanan masjid kesultanan mempawah

Ada sungai di samping masjid


Tiba-tiba aja, aku dihampiri sama si laki-laki yang tadi menyambut kami!
“Kak, dari Pontianak ke?”
“Iya.”                                                             
“Lepas liburan ke Singkawang ‘ke?”
“Oh, ndak. Kami dari pantai kura-kura di Bengkayang.”
“Ooh…”
Kami saling diam untuk beberapa saat. Aku merasa sedikit gak enak. Dih, ini orang ngapain sih nanya-nanya.
“Kak,” Si laki-laki kembali memanggilku. “Kerja apa sekarang?”
Hlah. Ngapain sih nanya-nanya begitu?
Kujawab sambil cengengesan, “Tada kerja, Bang. Saye ibu rumah tangga ja.”
Kulihat ekspresi si laki-laki sedikit bingung. Mungkin dia merasa salah dengar atau apa..
“Abang takmir masjid ini ‘ke?” tanyaku.
“Oh. Bukan, Kak. Saye Cuma bantu ja di sini.”
Aku mengangguk-angguk.
“Kak, itu anaknya?” tanyanya lagi sambil menunjuk Mursyid yang sedang asyik bercanda sama abahnya.
“Iya. Namanya Mursyid. Itu suami saye, Bang.” jawabku sambil nyegir kuda.
Dan sejurus kemudia, Si Abang langsung pergi. Jaga jarak sama aku! Ngiahahahahaha. Helooooo. Dikata gue masih single apa, Bang? Yaaaah… gue akui sih, tampang gue emang masih bisa dikatakan remaja #plaaaaaak.
Pas Abu Mursyid aku ceritain ini, komentar dia gini sambil manyun, “Dih. Gombalannya gak berkelas.”
Eaaaaaa. Cemburu ya, Mas :p. Ah, aku padamu kok :p
Selesai sholat, kami makan di rumah makan yang direkomendasiin sama Abu Mursyid dan Om Qodar. Letaknya gak jauh dari masjid kesultanan. Kurleb 200 meter dari masjid. Kata Abu Mursyid dan Om Qodar, tiap kali dinas lapangan (DL) yang melewati Mempawah, pasti singgah ke rumah makan itu. Istilahnya jadi langganan orang kantor. Dilihat dari bangunan sih, gak meyakinkan gitu rumah makannya. Mirip rumah warga biasa. Cuma di teras rumah, ada banyak meja-kursi untuk makan. Tapi aku ngerasa kayak ‘di rumah’ jadinya. Mungkin si empunya warung sengaja membuat suasana rumah makannya begitu. Rasa masakan plus minumannya juga boleh. Harga gak mahal banget lah. Pantes aja kalau rumah makannya ramai sama pengunjung, hehe

Bersambung ke liburan part 2 yak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komentar dengan bahasa santun :)