28 Februari 2016

Tips Toilet Training


gambar dari sini
Mau berbagi tips toilet training (TT) ala emaknya Mursyid. Postingan saya ini menindak lanjuti dari tulisan yang judulnya "Keranjang Baju Mursyid". Dari awal Mursyid lahir, saya membiasakan untuk jarang pakai yang namanya pampers atau clodi. Saya pribadi sih, gak membedakan pampers atau clodi. Buat saya, keduanya punya kelebihan dan kekurangan. Tapi manfaatnya sama, yaitu supaya para emak gak sebentar-bentar ganti pokok, hehe.
Mursyid awal lahir sampai sekitar usia 5 bulan, pampers atau clodi dipakai saat malam hari dan saat pergi. Oh, kalau lagi musim hujan dan bikin stok popok menipis, juga masuk ke syarat pakai clodi atau pampers, haha. Kesehariannya ya begitu. Saya dan orang yang di rumah bolak-balik ngepel. Di usia 5  sampai 7,5 bulan, terkadang saat malam hari, tidak saya pakaian pampers atau clodi.
Ngompol? Jelas. Solusinya? Jemur kasur dong. Hahaha.
Saat itu, Mursyid usia 7,5 bulan dan saya sudah ikut suami ke Pontianak. Maka fix, tiap malam gak saya pakaikan pampers atau clodi. Siang hari pun begitu. Kecuali saat pergi ya.
Alhamdulillah, di usianya yang ke-9 bulan, dia mulai ada semacam kode -Mursyid belum bisa bicara- kalau mau pipis atau pup. Sampai sekarang usianya 13 bulan, kalau malam sudah jarang ngompol. Paling kalau cuaca dingin pake banget. Tapi kalau bangun tidur dan di toilet, buanyaaak deh tuh pipisnya : ))
Siang harinya, dia pipis sambil berdiri dan di lantai. Gak mau di kasur atau karpet. Kalau lagi asyik mainan di kasur misal, dia uju-ujug ke lantai sendiri. Terus pipis sambil berdiri :D. Tahap pipis sambil jongkok belum saya ajarkan ya. Karena emang dia baru bisa jalan. Juga kalau mau pup, dia kasih kodenya sambil berdiri terus ngeden gitu, haha.
Nah. Baru-baru ini, baru mau saya ajarkan mengkomunikasikan kalau dia mau pup atau pipis. Mursyid kosakatanya emang masih minim sih. "Bah, Mah, Babah, Papua, Pah". Belom ada ummi doong T_T. Tapi namanya juga pelajaran. Dikit-dikit. Mursyid pun sudah paham kok apa yang kita bicarakan.
Misal saya cari barang, "Sisir mana ya?"
Dengan sigap, Mursyid celingukan dan tadaaaa! Dia ambil sisir :D
Jadi tipsnya apa nih? Cekidot~
1.     Siapkan stok sabar yang banyak. Ini nih kalau lagi musim hujan. Beuuuh... perasaan baru aja diganti celananya. Eeeh, udah basah lagi. Ngiahahaha.
2.     Siapkan stok celana banyak yang bahannya gak terlalu tebal dan tipis. Ya pokoknya yang nyaman buat bayi lah, hehe.
3.     Istiqomah. Jangan karena capek bolak-balik ganti celana atau ngepel plus jemur kasur atau karpet, kita nyerah gitu aja. Coba dibayangin, zaman para shahabiyah, belum ada pampers atau clodi kan? Ya kan? Atau kalau ada yang pernah baca  sirohnya, bisa nih kasih tahu ke saya. Biar saya nambah ilmu. Waktu saya masih kecil juga jarang pake pampers. Kata mamah saya, "Mending uangnya buat yang lain."
4.     Kalau anak tiba-tiba ngeden mau pup, bawa ke kamar mandi. Kalau saya sih, gak punya alat yang buat TT (closet duduk buat anak). Jadi di dekat kamar mandi, saya selalu sedia koran lama atau kertas bekas. Kalau Mursyid udah ada tanda-tanda pup, bawa ke depan kamar mandi yang sudah ada koran atau kertasnya. Saya jongkok sambil menggendong Mursyid menghadap depan. Dengan tangan kanan saya memegang kedua kaki Mursyid. Duh, susah ya dibayangin? Haha. Nah, kalau Mursyid udah selesai pup, kita buang kotorannya closet. Jangan lupa pel tempat bekas koran atau kertas yang ada pupnya.
5.     Kalau anak yang pengucapannya sudah jelas, lebih enak lagi. Selalu sounding, "Kalau mau pipis atau pup, bilang ke ummi atau siapa aja yang di rumah ya". Untuk anak yang belum bisa berkomunikasi dengan jelas, ya kita harus peka tanda-tanda si anak mau pup atau pipis.
6.    Bangun tidur dan mau tidur, kita latih ke toilet. Entah nanti pipis atau gak, setidaknya udah kasih memori ke anak. "Oh, kalau mau pipis itu ke sini."
Ada teori yang bilang, kalau TT terlalu cepat, efeknya gak baik buat anak. Saya sih belum baca lengkap alasan dan efeknya gimana. Cuma baca selintas gitu aja. Tapi ya balik tadi. Dulu saya juga jarang kok pakai pampers atau clodi, hehe. Jadi bismillaah. Yang penting sabar... sabar... sabaaaaaaaar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan komentar dengan bahasa santun :)